Periksa keaslian foto dengan JPEGsnoop

Cerita dulu ni Mas Bro…

Kemaren sore saya maen ke tempat temen nun jauh disana, di negri antah berantah. ( :mrgreen:  abis jalanannya mana jauh, ancuuurnya menta ampun…)

Tiba di kost-an nya, Saya iseng ngoprek-ngoprek laptopnya dia, buka sana buka sini.. dengan tidak disengaja saya nemuin ada barang aneh nyempil di folder dokumennya. Saya buka, ehh.. ternyata suatu aplikasi kecil buat nge-diagnosis file gambar/foto.

Dengan dikit maksa, saya minta tu aplikasi di copy-in ke flashdisk saya. (dengan ancaman saya minta ganti rugi kalo ga dikasih… (hah..???)…). Dan akhirnya tu aplikasi berhasil saya ambil alih.

Naahh.. sekarang mo saya bagiin lagi, kali aja da yang mau, sekalian saya unjukin dikit mengenai cara pake dan hasilnya.. yo langsung ajah :

Nama Programnya: JPEGsnoop_v1_5_2

Ukurannya Cuma: 545kb

Kalo mau.. silakan ambil              DISINIH

Kalo udah di ambil dan di extract, sekarang kita praktekan:

Dibawah ini saya punya 2 photo yang sama. Tetapi kita tidak tahu mana foto yang masih asli, dan mana yang udah kena permak editan.

FOTO 1

FOTO 2

Sekarang kita diagnose mana sebenarnya yang masih asli.. (fotonya bukan orangnya… 🙂 )

  1. Buka program JPEGsnoop yang udah kita extract tadi.
  2. Klik file> open image.. >lalu pilih foto yang akan kita diagnosis. Dalam contoh ini yang pertama saya akan memeriksa dulu FOTO 1.
  3. Setelah fotonya dipilih di jendela Open Image/Video file, klik open.

Hasilnya akan seperti ini.

Hasil pemeriksaan FOTO 1:

Hasil pemeriksaan FOTO 2:

Dari data-data hasil diagnose diatas, sekarang kita tentu bisa membedakan mana foto yang masih asli dan mana yang udah kena proses editing. Dan dalam contoh saya diatas, ternyata yang asli adalah FOTO 1.  Sedangkan FOTO 2 adalah foto yang sudah kena proses editing dengan “Adobe Photoshop CS4” seperti yang terlihat diatas.

Naaahhhh sekarang……… silahkan tinggal dicoba sendiri…. Mungkin ada foto-foto yang kelihatan janggal.., dan membuat kita ragu apakah asli atau palsu…?

Periksa dengan ini……..! Ok.?

Semoga bermanfaat…

3 Tanggapan

  1. we ewew wewewe , bagus banget 😀

  2. tak download dulu, ntar juga mau posting ini, sepertinya cocok buat di coba

Tinggalkan Balasan

