Install Windows XP di Laptop dengan Bios terproteksi


Apa kabar my blog..? baru dibuka lagi ni setelah sekian lama terlupakan(baru 3 hari… 🙂 ).

Postingan kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman dari sebuah kasus, yang mungkin ada juga yang pernah mengalami hal yang serupa dengan saya.

Jadi begini Mas Bro….!

Dua hari yang lalu, saya ditelpon seorang teman minta tolong install ulang laptopnya. Tanpa banyak cerita, sayapun segera meluncur ke lokasi untuk menjemput sang laptop. Setelah ngobrol panjang X lebar X tinggi, Dia minta tu laptop yang asalnya pake OS Windows Vista minta diganti pake Windows XP. Saat itu juga tu laptop segera saya bawa pulang.

Singkat cerita, pulang kerja jam 12 malam, baru saya oprek tu Dell Inspiron biar besok pagi-pagi bisa langsung saya anterin lagi. Yup.. laptopnya Dell Inspiron, yang menurut saya terlalu ok buat dia yang hanya dipakai untuk keperluan-keperluan standar aja.

Seperti biasa, sebelum mulai instalasi windows saya masuk dulu ke setting Bios untuk merubah setting sata dari mode AHCI ke IDE, seperti yang pernah saya lakukan di Lenovo T61 dan Acer aspire 5583. Karena pada dasarnya windows XP tidak mensuport driver untuk sata AHCI, berbeda dengan windows Vista, yang memang sudah dilengkapi dengan driver untuk sata AHCI.

Tapi.. malang sungguh nasib saya, ternyata si bios-nya diprotect alias di password. Bingung tah sayah.. bagaimana saya bisa masuk ke bios untuk merubah settingannya, sedang biosnya sendiri dipassword. Dalam kebingungan itu, saya segera menemui mbah google untuk mengadukan hal tersebut padanya. Dan tanpa ditunggu lama si Embah pun segera memberikan beberapa petuah-petuah kepada saya. Diantaranya diberikan saya beberapa kata-kata mantra sesuai merk laptopnya. Tanpa panjang cerita sayapun segera memperaktekannya, satu persatu kata-kata mantra tersebut saya coba masukin. Tapi…, bener-bener saya kecewa, dari sekian mantra-mantra yang saya masukin tak satupun yang bisa menembusnya.

Waktu sudah menunjukan pukul 03.15 janari. Saya hamper putus asa, sambil merebahkan badan, kepala saya berputar-putar mencari cicak.., eh mencari cara.

Bukankah yang dibutuhkannya adalah driver sata AHCI..? kenapa ngga saya cari aja drivernya.., terus saya install terpisah..

Aeh.. yo ngga bisa lah., mo di install gimana lha wong windowsnya aja belum terpasang.

Deeeeeennnnggg………… kenapa ngga saya coba bikin CD Installer Windows XP baru yah..? yang didalamnya udah saya selipken driver AHCInya..? seperti yang pernah saya perbuat di CD Installer Correl Draw 5, dimana saya masukin NET Framework 3.5 dan berhasil dengan mulus.

Serta merta semangat saya bangkit kembali, walaupun saya tengok jam udah menunjukan pukul 4. Segera saya kumpulkan bahan-bahan untuk percobaan saya itu. Saya cari dan dunlut driver AHCInya di embah google, langsung ketemu. Saya siapkan CD kosong, CD Windows XP dan program nLite yang akan saya pake buat bikin CD Installer XP baru. Engga lebih dari setengah jam, CD XP baru saya telah siap digunakan untuk saya pasang di Dell Inspiron.

Sambil menunggu proses Installasi di Dell dengan harap-harap cemas, kuregot kopi yang udah mulai baleuy di gelas untung ga ada sireumnya. Nyalakan sebatang rokok.. pleduug.. pleduugg..

Horeeee……. Ternyata Mas Bro.. usaha saya ga sia-sia. Windows XP kini telah terpaang di Dell Inspiron yang membuat saya hamper-hampir stress…

Beres dah… jam 05. 30 pagi.. tiduuurrrr……………..

Jadi dari cerita saya itu, gini kesimpulannya Mas Bro….

Andai Mas Bro, mo ganti Mas punya laptop yang pake system operasi (SO) Vista dengan SO Windows XP mungkin dengan alasan-alasan tertentu, yang harus Mas Bro perbuat:

  1. Sebelum memulai peng-Install-an Mas Bro masuk dulu ke setting Bios untuk merubah mode Sata AHCI ke IDE/Compatible. Kalau ngga, pemasangan windows xp tidak akan berjalan sukses. Yang ada malah akan muncul blue screen yang mengindikasikan ada conflik hardware. (mengenai cara masuk ke bios mungkin akan berbeda-beda tergantung laptopnya itu sendiri). Sekalian periksa untuk booting awalnya pastikan bahwa perangkat melakukan booting awal dari CD/DVD ROOM.
  1. Setelah setting Bios dirubah, save setting dan keluar bios. Lakukan peng-install-an seperti biasa.
  1. Seandainya ternyata Bios tersebut diproteksi atu dipassword seperti yang saya alami, bisa dilakukan beberapa cara.
  • Update Bios, cara ini mungkin sedikit beresiko. Bila terjadi kegagalan perangkat bisa matot.
  • Cari Password-password default Bios sesuai dengan type laptop itu sendiri (googling ajah..).
  • Seperti cara saya tadi, yaitu membuat CD Installer baru dengan menggunakan program nLite, atau program sejenis. yang yang didalamnya langsung dimasukin Drive Sata AHCI. Sehingga saat peng-Install-an WinXP, driver AHCI tsb akan ototmatis terinstall, jadi sudah tidak perlu lagi masuk ke Bios untuk merubah mode AHCI ke IDE dan HDD akan tetap bekerja dalam mode AHCI.

Untuk Program nLite, bisa Mas Bro dunlut DISINIH

Untuk Driver Sata AHCI Mas Bro bias dunlut DISINIH

  • Mengenai AHCI dan IDE mungkin Insya Allah akan saya ulas di lain postingan…

Monggoo…. Semoga bermanfaat………………….

 

 

Iklan

5 Tanggapan

  1. saya dulu pusing juga masalah ini, akhirnya saya makai W7 bajakan, nice posting, makasih dah mampir

  2. kumpulkeun sing loba postingna. rek d kliping ku urang.

    • Siapp… Juragan…!

      Tapi ngomong2 link agan mana..? anu timana tea ieu teh..? hampura bisi sobat heubeul lami teu ka anjangan ku sim kuring……… 🙂

  3. driver ahci nya support semua merk laptop ga?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: